Perpustakaan UBHINUS

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

DESAIN SISTEM INFORMASI LAYANAN TAGIHAN AIR BERBASIS SMS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA KEDIRI GUNA MEMBANTU PENGINFORMASIAN TAGIHAN DAN KELUHAN

ANDIKA PURBANTARA;03.11.3399 - Personal Name;

Description not available


Ketersediaan
01-175201-1752My LibraryTersedia - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
01-1752
Penerbit
Malang : ., 0
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Tugas Akhir (S1)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Desain Sistem, Layanan tagihan air, SMS
Info Detil Spesifik
Semakin berkembangnya dunia teknologi informasi saat ini banyak memberikan kemudahan dan kecepatan di dalam mengakses suatu infomasi dalam berbagai bidang. Teknologi-teknologi tersebut bisa berdampak negatif ataupun positif bagi kehidupan kita, tergantung bagaimana kita menggunakan dan menyikapinya. Salah satu implementasi hal tersebut coba diaplikasikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kediri untuk layanan tagihan airnya. Layanan dari PDAM tersebut diaplikasikan melalui teknologi yaitu SMS (Short Message Service). SMS (Short Message Service) yaitu salah satu layanan nirkabel, yang dikenal oleh GSM (Global Standart for Mobiles) pada 1991. SMS menyediakan jalur untuk mengirim pesan pendek sampai dengan 160 karakter atau lebih dari sebuah ESME (External Short Message Entity) ke pelanggan seluler melalui SMSC (SMS Center). SMS menggunakan teknik point to point yang digunakan dalam pengiriman pesan antara terminal seluler sendiri dan ESME seperti email, pagging dan voice mail system. SMSC (SMS Center)adalah jembatan antara pengirim dan penerima SMS. SMSC bertindak sebagai penyimpan dan penerus untuk pesan SMS serta menyimpan pesan SMS yang tertundapengirimannya ketika HP tidak aktif atau diluar jangkauan. Ini berarti jika HP penerima sedang tidak aktif, maka untuk sementara waktu pesan SMS akan disimpan di SMSC dan akan dikirim ulang ketika HP penerima aktif kembali. Alasan utama diciptakannya layanan via SMS ini, karena banyaknya pelanggan PDAM Kediri yang memiliki pekerjaan yang berbeda-beda dari segi waktu, kondisi dan keadaan, maka tidak semua pelanggan dapat mengetahui tagihan airnya setiap bulan secara langsung dengan datang sendiri ke PDAM.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan UBHINUS
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search