Perpustakaan UBHINUS

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

PERANCANGAN ROLE PLAYING GAME DENGAN RPG MAKER GUNA MENGENALKAN BERBAGAI BENTUK PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA

Huzaem Ba'abduh, 09.111.0134 - Personal Name;

Dalam perkembangannya pada bidang informasi dan telekomunikasi mengalami revolusi khususnya untuk perangkat komputer. Di era komputerisasi pada saat ini teknologi tersebut telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap beberapa aspek dalam kehidupan. Di dalam aspek pendidikan komputerisasi sangat penting yang dimana sebagai penunjang proses pembelajaran. Dikarenakan pelajaran sejarah menggunakan metode penyampaian materi secara manual yang menyebabkan kurangnya ketertarikan anak dalam memahami materi tersebut terutama dan juga mata pelajaran peninggalan sejarah yang identik dengan buku literatur tebal dan banyak hafalan seperti Sejarah dan Kebudayaan Indonesia yang berakibat turunnya minat anak dalam mempelajari peninggalan sejarah indonesia. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis membangun game edukasi yang diharapkan dapat meningkatkan antusias siswa dalam mempelajari materi. Jenis game yang dibuat adalah Role Playing Game (RPG) yang dibangun di atas platform Desktop. Dengan ini maka penulis merancang suatu multimedia yang menarik yang dimana di dalamnya terdapat materi tentang peninggalan sejarah Indonesia. Dengan misi mencari peninggalan sejarah di setiap stage berupa gambar 2D yang menarik maka siswa dapat bermain sambil belajar. Terdapat 3 kerajaan pada game ini yakni kerajaan buddha, kerajaan hindu dan kerajaan islam. Pada stage 1 pemain akan memasuki kerajaan buddha yakni Kerajaan Sriwijaya setelah itu lanjut menuju stage 2 Kerajaan Singasari setelah itu pemain memasuki Kerajaan Majapahit di stage 3 dan di lanjutkan menuju Kerajaan Kutai Kartanegara di stage 4 setelah memasuki kerjaan hindu pemain akan menuju kerajaan islam yang terdapat di stage 5 yakni Kerajaan Aceh selanjutnya pemain memasuki Kerajaan Gowa di stage 6 dan yang terahir pemain memasuki Kerajaan Mataram di stage 7, tapi di setiap tempat peninggalan terdapat musuh yang akan menghadang perjalanan dan juga terdapat materi yang akan ditanyakan untuk mendapatkan skill dan weapon untuk melawan para musuh.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
01-2376
Penerbit
STIKI : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan UBHINUS
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search