Perpustakaan UBHINUS

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

RANCANG BANGUN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENANGANAN KOMPLAIN PENYEWA STAN MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING

Marshel Calvin H. Riwu, 12.111.0514 - Personal Name;

Perkembangan bisnis sekarang ini semakin meningkat, hal ini tentunya membuat persaingan antara para pelaku-pelaku bisnis menjadi semakin ketat. Banyak perusahaan mencari cara untuk mendapatkan pelanggan baru namun tetap mempertahankan pelanggan lama, salah satunya dengan meningkatkan Customer Relationship Management (CRM) dan meningkatkan pelayanan operasional bagi pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan berkelanjutan antara perusahaan dengan pelanggan.
Komplain merupakan hal yang pasti selalu menjadi implikasi terhadap pelayanan yang diberikan. Salah satu hal yang sangat berhubungan dengan peningkatan pelayanan bagi tenant/penyewa stan adalah bagaimana prosedur pengajuan serta penanganan komplain yang diterapkan oleh pihak manejemen mall dapat secara efektif, mudah serta memuaskan pelanggannya. Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana membuat sebuah pelayanan yang efektif dan mudah tentunya bergantung kepada faktor kecepatan dan ketepatan eksekusi pengerjaan terhadap kasus-kasus yang dilaporkan.
Metode case based reasoning (CBR) adalah salah satu metode untuk mendukung pengambilan keputusan dari kasus yang baru berdasarkan solusi dari kasus-kasus sebelumnya. Melalui judul Tugas Akhir ini, dibangun sebuah aplikasi CRM yang bekerja sebagai sistem penunjang keputusan untuk penanganan komplain berdasarkan knowledges sebelumnya.
Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dapat memberikan solusi penanganan yang cepat dan tepat berdasarkan data solusi pada knowledge base, serta membangun hubungan baik antara penyewa stan dengan pihak mall melalui fitur-fitur pada aplikasi. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika terus dikembangkan fitur-fitur baru lainnya untuk keutuhan fungsi CRM dan pengembangan kriteria-kriteria yang lebih berpengaruh terhadap penentuan solusi penanganan komplain untuk dipakai pada perhitungan retrieve CBR.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
01-2383
Penerbit
STIKI : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan UBHINUS
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search